Minggu, 10 Februari 2013

Gerak Saham Asia Cenderung Bervariasi


Saham-saham di Asia dibuka bervariasi pada Senin, 28 Januari 2013. Sementara itu, indeks Nikkei di bursa Jepang menguat, meski bergerak di bawah level tertingginya di atas 11.000, seiring pelemahan yen.

Kondisi bursa Asia itu dipengaruhi sesi perdagangan yang kuat di bursa Wall Street, Jumat akhir pekan lalu. Saat itu, indeks S&P 500 ditutup di atas level 1.500 dan mencatat penguatan beruntun terpanjang sejak November 2004.
Ketiga indeks utama di bursa AS rata-rata juga mencatat kenaikan, didorong oleh sentimen positif laporan keuangan perusahaan.

Dikutip dari CNBC, di bursa Tokyo, indeks Nikkei sempat mencatat level tertinggi dalam 32 bulan terakhir dan berada di atas 11.000, setelah yen melemah selama akhir pekan. Investor masih menunggu hasil laporan pendapatan sejumlah perusahaan di dalam negeri.

Indeks acuan di Jepang itu naik 0,6 persen ke posisi 10.994,42, setelah menguat tinggi ke level 11.002,89. Sementara itu, indeks Topix terangkat 0,7 persen menjadi 923,36.

Namun, saham-saham di bursa Korea Selatan jatuh, dan memperpanjang penurunan setelah indeks di papan utama ditutup terendah dalam delapan pekan terakhir Jumat lalu. Penurunan indeks saham Korea dipengaruhi pelemahan yen dan kekhawatiran tentang pendapatan perusahaan kuartal keempat.

Saham raksasa teknologi, Samsung Electronics, turun 1,9 persen pada awal perdagangan, setelah mencatat penutupan terendah sejak 30 November pada Jumat lalu. The Korea Composite Stock Price Index (KOSPI) juga melemah 0,4 persen.

Di bursa Selandia Baru, sebagian saham dibuka mendatar pada Senin, dengan investor mengonsolidasikan keuntungan di pasar, seiring akan berakhirnya masa liburan.

Namun, NZX, indeks acuan di bursa Selandia Baru naik 1,3 poin menjadi 4.201,185 pada awal perdagangan dengan volume perdagangan tipis. Sementara itu, bursa Australia dan Malaysia tutup karena libur nasional.

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus